Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog

Mekanisme Klaim Asuransi dan Mendapatkan Mobil Pengganti Dari Asuransi

Ibarat kaki, kendaraan beroda empat senatiasa bergerak dan benar-benar rawan dengan resiko. Kehilangan mungkin lebih jarang terjadi, namun kecelakaan sudah hampir pasti acap kali kita lihat atau mungkin kita alami sendiri. Lihat saja bengkel dan macam kendaraan beroda empat, seringnya penuh dan tak jarang pula kita antri hingga beberapa hari untuk mendapatkan layanan. Salah satu cara untuk mendapatkan prioritas layanan bengkel ialah dengan turut program asuransi kendaraan beroda empat.

Seberapa penting dan mahalkan asuransi kendaraan beroda empat? Apabila mobilitas Anda jarang, ambil saja asuransi kendaraan beroda empat Total Loss Only (TLO), namun jika Anda acap kali mengaplikasikan kendaraan, karenanya paket asuransi kendaraan beroda empat All Risk bisa Anda ambil. All risk akan melindungi seluruh resiko yang terjadi pada kendaraan beroda empat Anda seperti yang tercantum dalam polis asuransi kendaraan beroda empat.

Cara klaim asuransi kendaraan beroda empat bisa mengikuti prosedur yang diatur oleh pihak asuransi. Normalnya, Anda tinggal menghubungi lewat Call Center pihak asuransi dan melengkapi berkas yang diperlukan. Nah, pertanyaannya bagaimana dengan kendaraan beroda empat pengganti ketika kendaraan Anda diservis? Simak kiat berikut ini:

1. Simpan Polis di Kendaraan dan Catat Nomor Klaim

Ada pantasnya Anda selalu membawa salinan polis asuransi di dalam laci kendaraan beroda empat. Untuk mempermudah proses klaim pada ketika mengajukan klaim ke customer service perusahaan asuransi, karenanya Anda akan mendapatkan nomor klaim atau karcis klaim. Pastikan Anda mendapatkan nomor ini untuk mempermudah proses dan sebagai bukti Anda sudah melaksanakan klaim asuransi kendaraan beroda empat.

2. Tanyakan ke bengkel Rekanan Berapa Lama Waktu Estimasi proses

Bengkel rekanan cuma butuh beberapa ketika untuk memeriksa kendaraan Anda dan melaksanakan kalkulasi berapa lama waktu proses proses. Jangan lupa untuk menanyakan estimasi waktu supaya Anda bisa memprediksi butuh berapa lama mengaplikasikan kendaraan beroda empat pengganti supaya tak melebihi batas waktu pengaplikasian kendaraan beroda empat pengganti hal yang demikian. Pertimbangkan pula kondisi dan kondisi bengkel rekanan apakah banyak antrian atau bisa langsung dikerjakan. Apabila ramai, karenanya Anda perlu bersabar dan menanyakan kapan kendaraan beroda empat Anda bisa ditangani oleh mekanik bengkel sehingga Anda bisa turut mengawasi proses proses sehingga tak molor.

3. Pahami prosedur dan prasyarat mendapatkan kendaraan beroda empat pengganti

Setelah Anda mendapatkan informasi dari bengkel rekanan seputar estimasi waktu proses pembetulan kendaraan di bengkel, karenanya langkah berikutnya Anda lakukan konfirmasi ke pihak asuransi. Pihak asuransi rata-rata cuma berkeinginan memberikan kendaraan beroda empat pengganti jika kendaraan Anda patut menginap di bengkel. Estimasi lama proses dari bengkel rekanan ini akan menjadi prasyarat mendapatkan kendaraan pengganti. Ketika ini maskapai asuransi acap kali bersaing dalam layanan kendaraan beroda empat pengganti ini sebab menjadi skor tambah yang benar-benar mempertimbangkan alternatif nasabah untuk membeli sebuah produk asuransi. Jangan lupa, Anda juga perlu menanyakan seberapa besar tarif yang patut Anda keluarkan untuk tarif bengkel hal yang demikian. Buat daftar spare part atau komponen apa saja yang diganti dan komponen mana saja yang dikoreksi untuk kelebgkapan membuat laporan ke maskapai asuransi.

Sistem paling mudah dikerjakan ialah menyesuaikan waktu masuk ke bengkel beriringan dengan dapatnya kendaraan beroda empat pengganti. Perlu dicatat untuk klaim bengkel yang tak masuk kategori darurat, Anda bisa menyesuaikan jadwal ini. Apabila darurat umpamanya mogok, kaca pecah dsb, berkeinginan tak berkeinginan Anda patut masukkan kendaraan beroda empat Anda ke bengkel langsung. Situasi antri seperti ini mutlak. Anda perlu mencatat nomor klaim Anda sehingga pihak asuransi bisa dengan mudah cek stok kendaraan beroda empat pengganti dan menyesuaikan dengan jadwal masuk bengkel bagi kendaraan beroda empat Anda. Dengan demikian itu rutinitas akan tetap berjalan dengan normal sembari menunggu bengkel mengkoreksi kendaraan beroda empat Anda.

To be informed of the latest articles, subscribe:
Top